Cari Blog Ini

Minggu, 06 Desember 2015

Alumni Aceh Documentary Junior Terpilih Menjadi Finalist Eagle Junior Doc Camp 2015 MetroTV


- Oleh Muhammad Hendri

Akulah Sang Mantan, Itulah judul proposal ide cerita yang ingin diangkat oleh Muhammad Hendri dan Muhammad Rizal di Kompetisi Eagle Junior Documentary Camp Metro TV. Sebelumnya Muhammad Hendri yang juga siswa kelas akhir di MAN 1 Sigli juga menjuarai ajang kompetisi film dokumenter junior yang diadakan oleh Yayasan Aceh Documentary.Hendri bersama rekannya Muhammad Rizky Hardi Wibowo meraih penghargaan film dokumenter terbaik dengan judul "Sang Kolektor Muda". Untuk Eagle Documentary Junior ini Hendri mengajak Muhammad Rizal sebagai rekannya dengan alasan untuk melahirkan sineas baru. Muhammad Rizky Hardi Wibowo juga sempat mengirim proposal ide bersama yang lain, namun belum beruntung.

            Ide cerita dari proposal Muhammad Hendri dan Rizal adalah menceritakan tentang seorang mantan pecandu narkoba yang berhasil keluar dari jalur hitam dan mencoba mengajak orang lain untuk tidak terjerumus kepada narkoba, hal yang dilakukannya dalam mensosialisasi tergolong unik, yaitu melalui musik dan karya seni berupa lukisan grafiti. Dia juga ikut berpartisipasi dalam sebuah komunitas Kanot Bu di Banda Aceh yang merupakan perkumpulan pemuda-pemudi seni yang kritis dan peduli terhadap kehidupan sosial. Melalui seni mereka mengajak agar pemuda lebih aktif dan tidak terjerumus narkoba. Muhammad Hendri dan Rijal akan berangkat mengikuti pelatihan film dokumenter di Jakarta akhir Oktober nanti dan melakukan proses shooting serta editing di kota masing-masing.


            "Hal ini adalah sesuatu yang luar biasa, kami tidak menyangka proposal kami bakal jadi bahan pertimbangan juri untuk diloloskan. Kami dari Aceh adalah yang pertama lolos di Eagle Junior Documentary Camp, sebelumnya dari Aceh juga banyak yang lolos di Eagle Awards Documentary, tapi dari junior belum ada. Kami berterima kasih kepada Aceh Documentary dan MAN SIGLI 1 yang selama ini ikhlas membimbing kami dalam menyusun ide proposal untuk dikirim ke Eagle Junior Documentary" imbuh Hendri. Keduanya berjanji akan mempelajari semua training dengan sungguh-sungguh dan nanti bisa berbagi dengan teman-teman di sekolah dan kota masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar